• Informasi : Nomor telepon KKI yang dapat dihubungi adalah 021-31923191 dan 021-31923193. Untuk informasi STR tekan 2, informasi Adaptasi dan Alih Iptek tekan 3, informasi Certificate of Good Standing (CoG) tekan 4, informasi pengaduan dugaan pelanggaran disiplin kedokteran tekan 5, dan untuk operator tekan 0. Informasi terkait STR dokter dan dokter gigi dapat menghubungi nomor whatsapp di 0811 1310 2211 & 0811 1310 2210. Pegawai Sekretariat KKI tidak menerima pemberian gratifikasi berupa apapun - Informasi : Proses STR paling lama 14 (empat belas ) hari kerja sejak berkas disetujui. Terima Kasih. •
 

Integrasi Data KKI dan Pemerintah Kota Palembang

09 September 2019 00:00:00


Integrasi Data KKI dan Pemerintah Kota Palembang

Salah satu tugas Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) adalah melakukan registrasi dokter dan dokter gigi. Setiap dokter dan dokter gigi yang telah diregistrasi akan memperoleh Surat Tanda Registrasi (STR). Dokter dan dokter gigi yang telah memiliki STR mempunyai wewenang melakukan praktik kedokteran sesuai dengan pendidikan dan kompetensi yang dimilikinya dan wajib memiliki Surat Ijin Pratik (SIP). Berkaitan dengan hal tersebut KKI dan Pemerintah Kota Palembang sepakat melakukan kerja sama integrasi data STR dan SIP pada hari Jumat (6/9) di Ruang Rapat Pleno Lantai 4, Gedung Konsil Kedokteran Indonesia.

Perjanjian Kerja Sama ditanda tangani oleh Sekretaris KKI, Dr. dr. Gema Asiani, M.Kes dan Sekretaris Daerah Kota Palembang, Drs. Ratu Dewa, M.Si yang disaksikan oleh Ketua Divisi Registrasi KKG, Prof. drg. Heriandi Sutadi, Sp.KGA (K), Ph.D. 

Tujuan kerja sama ini untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat, transparan, nyaman dan aman yang dapat memuaskan masyarakat. Dalam era revolusi industri 4.0 pelayanan berbasis teknologi merupakan salah satu jawabannya. 

Ketua Konsil Kedokteran Gigi, Prof. drg. Armasastra Bahar, Ph.D mengatakan KKI sangat mendukung kerja sama integrasi data STR dan ijin praktik dokter dan dokter gigi melalui Web service antara KKI dan Pemerintah Kota Palembang dalam hal ini DPM-PTSP Kota Palembang. Beliau juga menyampaikan bahwa Saat ini KKI sudah integrasi data dengan IDI dan PDGI dalam rangka percepatan dan mempermudah KKI dalam melaksanakan tugas registrasi dokter dan dokter gigi. Dengan integrasi data, KKI dapat mengetahui sebaran dokter dan dokter gigi. 

Selain itu, KKI dapat mengetahui penggunaan STR berdasarkan ijin praktik dokter dan dokter gigi yang diterbitkan oleh DPM-PTSP, sedangkan DPM-PTSP dapat melakukan validasi keabsahan STR yang diterbitkan oleh KKI dengan Cepat, ungkap Drs. Ratu Dewa. 

Dalam kesempatan tersebut dr. Gema menyampaikan kepada media inovasi - inovasi yang sudah dilakukan oleh KKI serta menyampaikan dukungannya terhadap kerja sama ini. Suatu langkah kemajuan yang patut dicontoh atau diikuti oleh DPM-PTSP lainnya untuk mempercepat dan memudahkan layanan perijinan praktik dokter dan dokter gigi. KKI dapat melakukan pengawasan penggunaan 3 (tiga) lembar legalisir STR, guna mengetahui pelaksanaan tempat praktik dan memonitoring data STR, katanya. 

.Selamat kepada DPM PTSP Kota Palembang menjadi yang pertama di Indonesia. Semoga dalam pelaksanaan integrasi data ini dapat berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan

Dibaca : 5548 kali | Sumber : KKI | File :

Share |

Berita Lainnya

09 Agustus 2019 00:00:00
09 Agustus 2019 00:00:00
25 Juni 2019 00:00:00
28 Mei 2019 00:00:00